Monday, April 7, 2014
Saat asyik berselancar dijaringan 3G tiba-tiba berganti menjadi EDGE, pernah mengalaminya?
ya, tentu banyak orang pernah mengalaminya.
Tapi itu bisa diatasi dengan mudah dengan cara mengubah type jaringan ke UMTS/HSPA Only melalui aplikasi driver bawaan modemnya.
benar memang cara diatas jika kamu menggunakan sistem operasi berbasis WINDOWS.
Lha.. Bagaimana dengan saya yang menggunakan linux?
Yup. itu adalah masalah yang sedang saya bahas sekarang.
Bagaimana mengubah type jaringan dilinux menjadi UMTS/HSPA Only padahal tidak semua modem menyediakan driver untuk linux.
penasaran? yuk lanjut.

Pertama colokan modem broadband ke komputer/laptop agan sekalian.
biasanya akan langsung terdeteksi (*icon tower di sebelah kanan taskbar) klik saja icon tersebut.
Oiya dalam contoh ini saya menggunakan Linux Mint.
Jika modem agan belum terdeteksi coba agan cek melalui terminal dengan mengetikan perintah
lsusb
disini modem saya terdeteksi sebagai "ZTE WCDMA Technologies MSM"
Modem Saya
Lihat bagian ID disana tertulis 19d2:0117 (*vendor:product)
sekarang jalankan perintah ini di terminal
sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0x0117
Tekan enter dan tunggu beberapa saat sampai modem agan terdeteksi.
sudah?
masuk ke Control Center "Menu->Control Center" pilih Network Connections
Control Center
Switch ke tab Mobile Broadband klik +Add
pilih modem agan lanjutkan dengan mengklik tombol Continue
Pilih Modem
Pilih Indonesia, Operator agan (*Saya pilih Telkomsel karena menggunakan kartu FLASH) Continue.
Select Your Plan Biarkan Default, Continue dan Apply.
Nah.. sudah sampai sini tinggal kita set Type jaringan ke 3G (UMTS/HSPA)
Set ke 3G (UMTS/HSPA)
Save.
Sekarang coba konekan modem seperti biasa. gak bakalan switch lagi ke jaringan EDGE atau GPRS.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih...

Post a Comment

Harap berkomentar dengan sopan ;)

Donate

Fans

Followers

Powered by Blogger.
Copyright 2014 | TampungInfo | Blogger.com